Tips Dalam Mengatasi Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi merupakan kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah sangat melampaui dari kadar normal biasanya sehingga hal inipun akan dapat berpengaruh sangat buruk bagi kesehatan.

Kolesterol sendiri bisa diartikan sebagai salah satu senyawa lemak (lipid) yang bentuknya menyerupai lilin. Sebagian besar kolesterol sendiri di produksi pada hati serta sebagian lainnya didapatkan dari asupan makanan.

Fungsi kolesterol yaitu untuk memproduksi sel-sel sehat, hormon, hingga vitamin D. Walaupun sangat dibutuhkan oleh tubuh, kolesterol dengan jumlah yang berlebih akan terus tertimbun di sepanjang dinding pembuluh darah arteri dan berubah menjadi sebuah plak, sehingga hal ini akan mempersempit hingga menghambat aliran darah pada tubuh.

Hal tersebut pastinya akan mengakibatkan banyak dari bagian tubuh yang akan mengalami kekurangan pasokan darah sehingga sangat be-risiko menimbulkan masalah kesehatan yang serius, beberapa masalah seperti serangan jantung hingga stroke.

Selain disebabkan karena faktor genetik, kolesterol tinggi juga dapat terjadi karena sering mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol atau bisa terjadi juga karena seseorang yang kurang berolahraga.

Tahukah Anda, salah satu herbal terkenal yaitu Minyak Kutus Kutus juga memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda.

Ketika Anda sudah terlanjur mempunyai kadar kolesterol tinggi maka ada baiknya mulai dari sekarang harus bisa menjaga dan mengatur pola makan yang masuk ke dalam tubuh. Mulai dari dengan mengubah pola hidup dan berusaha untuk menerapkan pola hidup sehat. Nah, berikut adalah tips mengatasi kolesterol tinggi.

Mengkonsumsi Air Jeruk Nipis

Mengkonsumsi air jeruk nipis kaya yang akan flavonoid akan bisa melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama untuk molekul tidak stabil yang bisa merusak sel-sel sehat. Karenanya flavonoid sendiri bertindak sebagai anti-oksidan kuat untuk kesehatan tubuh.

Dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur terlebih dahulu dengan segelas air hangat dan di minum pagi hari saat setelah bangun tidur maupun sebelum tidur. Lakukanlah kegiatan ini secara rutin agar kadar kolesterol jahat pada tubuh dapat terus berkurang.

Kulit Manggis

Manggis Merupakan buah yang berasal dari Asia yang tidak hanya buahnya yang bisa dimakan, akan tetapi kulit manggis juga memiliki banyak khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Karenanya kulit manggis mengandung xanthone, zat yang merupakan bahan aktif sebagai zat anti-kanker maupun anti-oksidan, yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan vitamin C dan E.

Untuk bisa mengkonsumsinya dan bisa memilih ekstrak kulit manggis yang sekarang banyak beredar dijual di toko obat seperti apotek atau bahkan dengan membuat sendiri dengan cara memblender kulit manggis kemudian meminumnya secara langsung.

Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas sehari hari yang sangat di perlukan bagi kita semua, yang pastinya tujuannya adalah untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat. Telah dibuktikan bahwa dengan berolahraga secara teratur maka kadar kolesterol baik pada tubuh akan terus meningkat.

Tidak harus sebuah olahraga menjadi beban bagi keadaan tubuh. Cukuplah dengan berolahraga ringan seperti dengan jogging keliling kompleks, bersepeda, hingga berenang. Maka  sebaiknya lakukanlah olahraga secara rutin agar kadar kolesterol baik terus bertambah agar bisa menghilangkan kadar kolesterol jahat.

Hindari makanan berlemak

Jika anda sudah melakukan olah raga yang teratur maka hal yang perlu anda lakukan lagi adalah dengan memilih makanan sehat untuk di konsumsi sehari-hari.

Dengan mengatur konsumsi makanan sehat yang masuk ke dalam tubuh, dan menghindari makanan yang akan sangat berlemak tinggi seperti aneka gorengan, makanan bersantan, gulai, dan lain sebagainya.

Usahakan juga untuk selalu memakan makanan sayuran hijau, kurangilah untuk mengkonsumsi nasi putih terlalu banyak karena banyak mengandung gula dan sebaiknya untuk setiap hari mengkonsumsi buah-buahan segar.